maman-cropMuharam adalah bulan yang sangat bersejarah buat ummat Islam sedunia. Karena di samping bulan Muharam sebagai bulan pertama tahun Hijriyah, bulan Muharam juga menyimpan banyak sekali peristiwa bersejarah. Di antaranya adalah tenggelamnya raja Fir’aun dan anak buahnya di Laut Merah, hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah serta masih banyak lagi peristiwa bersejarah lainnya. Bulan Muharam adalah bulan yang sangat agung, di dalamnya terkandung makna dan keutamaan hakiki dalam rangka proses pembentukan pribadi-pribadi muslim. Itulah makanya salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk berpuasa sunah pada bulan tersebut.

Seiring perkembangan jaman, banyak fenomena penyebab keterpurukan umat islam yang terjadi sekarang ini, di antaranya, bergesernya nilai-nilai agama dan budaya dari umat Islam saat ini. Pergeseran nilai-nilai agama dan budaya yang dimaksud adalah perubahan perilaku sebagian besar umat islam dalam memperlakukan acara keagamaan dan kebudayaan yang sangat jauh berbeda antara generasi terdahulu dan generasi sekarang. Generasi terdahulu merayakan acara keagamaan dan kebudayaan dengan begitu sakral yang sangat dihormati.  Generasi sekarang mengganti nilai-nilai keagamaan itu dengan mengadopsi budaya dari luar yang tak terfilter, contoh yang paling menonjol sekarang adalah peringatan tahun baru yang sangat mengagungkan tahun baru Masehi atau tahun baru miladiyah dan merayakannya dengan kegiatan-kegiatan yang sejatinya bertentangan dengan ajaran Islam, seperti minum minuman keras, hura-hura, serta berbagai kegiatan lain yang sama merupakan produk kebudayaan barat. Dalam pada itu sebaliknya peringatan tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah saat ini mulai ditinggalkan oleh umat Islam itu sendiri. Bulan Muharam hampir semakin tidak bermakna, bahkan ironisnya, hanya segelintir orang yang tahu kapan dan apa faedah bulan Muharam tersebut.

Atas dasar itulah kami dari DKM Masjid Al-Ikhlash, mencoba untuk merevitalisasi kembali kaidah-kaidah dan esensitas Muharam dalam proses pembentukan keperibadian Muslim, melalui sebuah kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti khitanan masal dan bantuan buat anak-anak yatim serta kegiatan lainnya.

Kami berharap,  acara Pekan Muharam ini sebagai wadah silaturrahami dalam memperkuat Ukhuwah Islamiyah demi terwujudnya Muslim yang taat pada Allah SWT. Semoga saja kita termasuk orang yang sudah berjuang dan  berbuat yang terbaik untuk agama dan bangsa tercinta.

Untuk lebih jelasnya seputar Pekan Muharram 1435 H DKM Al Ikhlash Sindang Sari, dapat dilihat … disini….